Macrame apakah ini ?


Alhamdulillah dapat ilmu kerajinan, yaitu macrame. Niatnya buat nambah ilmu aja dan lumayan jarang nih workshop mengenai macrame. Cantik juga buat hiasan rumah. Caranya cukup mudah tapi butuh ketelitian juga ya, soalnya hampir sama saat membuat pola.

Berikut langkah-langkah membuat macrame:
Pertama, siapkan
- Tali katun dengan diameter sedang
- Ranting kayu sekitar 10-15 cm dengan diameter sebesar ibu jari
- Gunting
- Sisir kecil
- Manik-manik kayu
- Hakpen

bahan-bahan yang dibutuhkan


Kedua, guntinglah tali katun menjadi 30 helai dengan panjang sekitar 15-20 cm. Lalu gunting kembali tali katun 1 helai sekitar 50 cm dan kaitkan pada ranting kayu. Tali ini berfungsi sebagai penopang utama tali-tali yang lainnya. Setelah itu ikat mati pada bagian ujung atasnya.

Ketiga, buatlah simpul seperti gambar di bawah ini sehingga membentuk suatu simpulan utuh antara kanan dan kiri. Lakukan hal yang sama sampai semua tali terpakai. Lalu, ikat mati tali utama pada bagian ujungnya.

detail simpul

simpul awal

simpul akhir


Keempat, bukalah masing-masing ujung tali simpul sekitar 3 cm. Lalu sisir ujung-ujungnya sampai terlihat rapih dan halus.

buka ujung tali simpul

sisir ujung-ujungnya

Upss.. yang punya saya tak terkontrol jadi deh hampir kebuka semua talinya.😀 

Kelima, bentangkan keseluruhan macrame, lalu untuk hasil yang rapih, guntinglah sesuai keinginan. Ada yang bentuk daun, segitiga tumpul dan lainnya.. Tapii bagaimana ceritanya nih, macrame apakah ini?

bentangkan macrame


Keenam, sebagai pemanis kalian bisa lepaskan dari ranting kayu tsb dan tambahkan aksesoris manik-manik kayu. Catatan : bila lubang manik kecil, kalian bisa pakai hakpen untuk memasukkan benang katunnya ya..

Tadaaa.. selesai deh macrame saya.. ini bentuk buah mangga.. terbayangkah😂


macrame buah mangga




Tags:

Share:

0 komentar